Halaman

Arsip Blog

Rabu, 15 Agustus 2012

Cara Aman Eksis di Jejaring Sosial

Tak diragukan lagi jika jejaring sosial menjadi sangat populer dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Di mana banyak orang menggunakannya untuk berkomunikasi, bahkan bagi segelintir orang, memanfaatkan jejaring sosial untuk membantu memasarkan produk dan menjangkau pelanggannya.

Akan tetapi, disamping manfaat yang dapat dirasakan tersebut, ada pula ancaman keamanan cyber yang bisa dilancarkan pelaku kejahatan dunia maya.

Oleh karena itu, penting sekali untuk tetap aman di jejaring sosial. Berikut merupakan beberapa tips yang Okezone terima dari Norton untuk melindungi Anda ketika eksis di jejarig sosial :

1. Perketat orang- orang yang dapat melihat anda di jaringan anda dan menyaring informasi yang di publikasikan di website
Berhati-hati  terhadap informasi yang Anda posting secara online dan tidak menjalankan suatu program yang diedarkan di kalangan teman atau kontak, tanpa terlebih dahulu memeriksa legitimasi mereka.

2. Mengatur pilihan privasi pada tingkat tertinggi
Gunakan fitur privasi website Anda untuk membatasi posting pribadi terhadap orang yang Anda kenal dan percaya. Jangan menambahkan orang ke daftar yang Anda percaya kecuali tahu persis siapa mereka.

3. Pilih password dengan kombinasi
Pilih password yang tidak mudah ditebak. Password yang kuat memiliki delapan karakter atau lebih dan menggunakan kombinasi huruf, angka dan simbol (misalnya, # $%?). Cobalah untuk tidak menggunakan password yang sama untuk setiap layanan yang anda gunakan secara online, dan mengubah password secara teratur, setidaknya setiap 90 hari.

4. Update terus browser dan sistem operasi
Gunakan perangkat lunak keamanan, untuk melindungi diri dari pencurian identitas, memberikan pengalaman browsing lebih aman dan serangan virus.

5. Hati-hati jika mengklik
Hati-hati ketika mengklik link dari pengirim yang tidak dikenal. Selalu mempertahankan tingkat hati-hati di sekitar pesan dari dalam sebuah website atau yang tampaknya dikirim oleh website – dengan memeriksa URL. Dan ketika mengklik ke website, terbiasalah untuk selalu melihat apa yang muncul pada baris alamat website tersebut.




sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Derkomentarlah Dengan Baik..