Halaman

Arsip Blog

Rabu, 22 Agustus 2012

Gempa Bumi Terburuk Versi About.com - World News

gempa sumatera
MULTI PASTE - Masih terbayang di benak kita bagaimana dahsyatnya gempa bumi yang telah meluluh-lantahkan Nagro Aceh Darrussalam dan sebagian besar wilayah Sumatera bagian barat.  Ini adalah bencana alam terburuk yang pernah dialami oleh bangsa Indonesia.

Ketika gempa dilepaskan dengan gemuruh hebat, gaungnya sangat terasa, sampai ke seluruh dunia.  Alam telah mengambil nyawa serta harta benda dengan begitu cepatnya, hanya dalam hitungan menit semuanya telah menjadi porak-poranda.  Peristiwa dan kejadian buruk ini mengingatkan kita, sekaligus dijadikan pelajaran agar selalu mengingatkan mereka yang berada di zona rawan gempa agar selalu siap dan cepat tanggap darurat.

Berikut adalah Gempa Bumi terburuk di dunia versi About.com - World News.


1. Shaanxi provinsi, Cina : 23 Januari 1556

Gempa Shaanxi
Ini adalah gempa paling mematikan dalam sejarah, dengan perkiraan yang menakjubkan dengan jumlah korban yang cukup besar 830.000 orang tewas dalam gempa tersebut. Provinsi ini dianggap sebagai tempat lahir peradaban Cina, dan kerusakan yang diakibatkan gempa ini diperkirakan sampai 520 mil persegi. Banyak dari yang tewas adalah petani yang tinggal di gua-gua buatan di Dataran Tinggi Huangtu yang runtuh selama getaran. Kota Huaxian, dekat pusat gempa, hancur total dan lebih dari setengah dari penduduknya tewas. Perkiraan modern mematok besar gempa berkisar 8,0 skala richter.

2.  Tangshan, Cina : 27 Juli 1976

Gempa Tangshan
Peristiwa ini dinyatakan sebagai gempa terburuk yang melanda Cina pada abad ke-20, dengan korban tewas antara 255.000 dan 655.000 jiwa dan hampir 800.000 yang cedera.  Pusat gempa berada di pantai timur laut Cina, pada kedalaman 470 mil.  Besarnya gempa mencapai 7,5 scala richter terjadi sebelum jam 4 pagi sehingga banyak menelan korban jiwa, saat orang-oarng masih terlelap di tempat tidur mereka.  Perkiraan luasnya area kerusakan dan angka kematian ini masih bias, disebabkan oleh pembatasan informasi yang dikeluarkan oleh pemerintah komunis, terutama pada saat itu. Tangshan telah dibangun kembali dan sekarang dihuni kurang lebih satu juta orang.
3.  Sumatera : 26 Desember 2004

Meskipun ini adalah gempa terbesar ketiga namun merupakan gempa terkuat di dunia sejak tahun 1990, besarnya 9,1 scala richter.  Gempa ini dikenang karena tsunami yang mematikan, pusat gempa terjadi di bawah laut.  Gempa ini dirasakan di seluruh pulau Sumatera, sampai ke Bangladesh, India, Malaysia, Maladewa, Myanmar, Singapura, Sri Lanka dan Thailand, dengan tsunami yang melanda 14 negara yang cukup jauh seperti Afrika Selatan.  Korban tewas menurut veri About.com mencapai 227.898 jiwa. Garis patahan telah diperkirakan memanjang sejauh 994 mil.  Mengenang tragedi itu pemerintah Indonesia telah membangun Museum Tsunami di Nagro Aceh Darussalam.
4.  Haiyuan, Ningxia, Cina : 16 Desember 1920

Gempa Haiyuan
Gempa ini akibat terjadinya patahan sepanjang 125 mil dan menyebabkan daratan terdorong ke permukaan sehingga mengakibatkan kehancuran total di beberapa kota.  Gempa berkekuatan 7,8 scala richter dirasakan dari Laut Kuning sampai ke Mongolia Dalam dan itu begitu kuat sehingga beberapa aliran sungai sampai berubah arah.  Pada peristiwa ini sekitar 200.000 orang diperkirakan tewas, meskipun perkiraan Cina sedikit lebih tinggi, dan yang selamat masih merasakan gempa susulan selama tiga tahun.  Gempa ini juga telah menyebabkan gelombang di danau dengan ketinggian 2 sampai 3 meter di bagian barat Norwegia, menurut Survei Geologi AS.

5.  Kanto, Jepang : 1 September 1923

Gempa Kanto
Bayangkan jika anda terperangkap dalam gempa berkekuatan 7,9 scala richter dalam waktu 4 sampai 10 menit, tentu ini cukup mengerikan.  Itu adalah perkiraan rentang waktu yang telah diungkapkan oleh saksi hidup dari gempa yang mematikan ini, yang juga memicu kebakaran besar di Tokyo, dan telah menghanguskan sekitar 381.000 rumah di daerah Tokyo sampai Yokohama.  Gempa juga memicu tsunami dengan gelombang setinggi 39 kaki.  Getarannya juga berhasil memindahkan patung Buddha seberat 93-ton. Gempa yang telah menewaskan 142.800 orang ini, terjadi saat makan siang, sehingga api yang banyak digunakan untuk memasak menyebabkan kebaran dan menyebar dengan cepat akibat tiupan angin yang kencang.
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Derkomentarlah Dengan Baik..