Halaman

Selasa, 17 Juli 2012

"The Red Devils", Tim Terkaya Dunia


Manchester United, tim olahraga terkaya dunia versi "Forbes".
 
Forbes merilis 50 tim olahraga terkaya dunia dan dua klub sepak bola menjadi pemuncaknya.

Seperti dilansir Goal, Manchester United sekali lagi ditahbiskan Forbes sebagai tim terkaya dunia. Kolektor 19 trofi jawara Liga Inggris itu memiliki kekayaan mencapai 2,23 miliar dollar AS (sekitar Rp 22,3 triliun). MU juga sedang bersiap melakukan penawaran saham perdana (initial public offering) di bursa saham New York, Wall Street.

Lumbung kekayaan MU dibukukan dari sponsor resmi perusahaan asuransi, Aon, yang membayar 19,8 juta pounds (sekitar Rp 297 miliar) dengan kontrak masih akan berlaku dua tahun lagi.

Belum lagi dari sponsor aparel latihan MU, DHL Express. Perusahaan kurir dan kargo kondang itu meneken kesepakatan empat tahun dengan nilai kontrak mencapai 40 juta pounds (sekitar Rp 600 miliar). Nama DHL akan terpampang dalam kostum latihan "The Red Devils" di seantero Britania.

Sementara Nike, sebagai sponsor utama merchandise dan aparel MU, menggelontorkan 25 juta pounds (Rp 375 miliar) setiap tahun.

Di lain pihak, posisi runner-up tim terkaya dunia versi Forbes ditempati raksasa Spanyol, Real Madrid. Menurut penilaian Forbes, kekayaan "Los Blancos" bernilai 1,88 miliar dollar AS (sekitar Rp 18,8 triliun).

Ke-50 tim terkaya dunia itu membukukan nilai kekayaan kolektif mencapai 53 miliar dollar AS (sekitar Rp 530 triliun). Tujuh klub sepak bola masuk dalam daftar itu dengan Arsenal turun tiga peringkat di posisi ke-10 dan Barcelona melesat 18 spot ke anak tangga kedelapan.


 sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Derkomentarlah Dengan Baik..